tekhnik

Friday, February 9, 2018

Hal Hal yang harus Diperhatikan Pada Waktu Pelaksanaan tugas SATPAM

HAL - HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA WAKTU PELAKSANAAN TUGAS

1.SIKAP DAN PERILAKU SEORANG SATPAM

a. Melayani Kepentingan Masyarakat dikawasan/lingkungan      kerjanya
b. Melindungi dan Menyelamatkan Jiwa, Raga, Harta benda      dan kehormatan Personil dilingtkungan/kawasan kerjanya.
c. Menghormati dan Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia
d. Mentaati Peraturan Negara dan Menghormati Norma-         Norma yang berlaku dilingkungan kerja serta lingkungan     Masyarakat
e. Dapat dijadikan suritauladan ditengah tengah Masyarakat Lingkungan kerjanya, terutama dalam mengemban Tugasnya
f. Ulet, Tabah, Sabar, Tawakal dan Percaya diri didalam mengemban Tugasnya
g. Cepat Tanggap(responsif) dalam memberikan perlindungan/ pengamanan pada Masyarakat dilingkungan kerjanya
h. Memegang teguh rahasia jabatan yang dipercayakan padanya
i. Bertindak tegas,jujur,berani, adil, dan bijaksana
j. tidak menonjolkan kepentingan Pribadi dan mencampuri urusan orang lain yang tidak ada saut pautnya dengan tugas.
k. bertindak secara wajar dan tidak berlebihan.
l. Memiliki rasa kebanggaan dan semangat KORSA (korps) serta senantiasanama baik ditengah - tengah masyarakat lingkungan kerjanya

2.PERLENGKAPAN PERORANGAN

a. Kartu Tanda Anggota (KTA)
b. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
c. Surat keterangan lainya (SIM)
d. Buku catatan
e. Buku saku
f. bolpoint/Pensil
g. Peluit/ sempritan
h. Perlengkapan lain sesuai tugasnya

3. CARA MENERIMA TAMU

a. Berpakaian rapi sesuai ketentuan yang berlaku dan     berwibawa
b. Menyapa Tamu yang datang dengan ramahdan sopan,   sambil berdiri dan menyalami Tamu
c. Mempersiloahkan tamu duduk dan mencatat identitas   Tamu, menanyai keperluan Tamu dll
d. Hindarkan sikap bahwa petugas lebih penting dari pada   tamu
e. memperlakukan sama atau tidak membedakan tamu, tapi   perlu kita perhatikan usia, wanita hamil, anak-anak perlu   diutamakan
f. memberikan bantuan pengarahan dan petunjuk sesuai   dengan kebutuhan Tamu sesuai SOP Perusahaan.

g. menhindari sikap dan kata - kata yang kurang sopan/   simpatik
h. setelah selesai menyalami tamu, berterimakasih, dan   mengantarkan tamu sampai pintu keluar.

4. CARA MENERIMA TELEPHONE

a. segera mengangkat saat telpon berdering,
b. memberikan salam sebut nama petugas dan nama   Instansi/perusahaan
contoh:
     selamat pagi, siang, malam satpam TELKOM   SALATIGA   Dengan "kusman" dengan siapa saya bicara?
c. bersuara Jelas, berwibawa sehingga mudah didengar serta    menghindari kata - kata yang kurang sopan
d. memberikan jawaban dengan baik, dan apabila tidak   menguasai materi berikan penjelasan yang bijaksana
e. mencatat, pembicaraan telepon (SIADI DEMEN BABI)

      1. DENGAN SIAPA, 2. UNTUK SIAPA 3. ISI BERITA     4. KAPAN DITERIMA 5. SIAPA PENERIMA
f. kirim berita seperti saat menerima telepon
g. tutup telpon dengan ucapan terimakasih dan salam

5. PENGETAHUAN DASAR YANG HARUS DIMILIKI OLEH ANGGOTA SATPAM

a. mengetahui dan menguasai keadaan daerah kawasan kerja berdasarkan data atau Peta yang ada
1. untuk bangunan utama/ perkantoran
2. untuk gudang
3. untuk mesin pabrik
4. untuk instalasi listrik/ perangkat listrik
5. jalan, Lorong, gang didalam kawasan
6. nama, Alamat, serta nomor telepon pejabat dikawasan   Kerjanya.

b. Mengetahui dan berusaha mengetahui sumber-sumber gangguan yang selalu menimbulkan kerawanan keamanan dan ketertiban dilingkungan/ kawasan kerjanya
 1. Tempat bahan bakar
 2. Mesin mesin Pabrik
 3. instalasi Listrik
 4. tempat parkir
 5. pendingin ruangan (AC)
 6. tempat kunci ruangan kantor dll.
c. kedua hal tersebut diatas harus dikuasai petugas patroli










No comments:

Post a Comment

Jenjang Pendidikan Satpam

Dasar (Gada Pratama) , merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran...