1.SIKAP DAN PERILAKU SEORANG SATPAM
a. Melayani Kepentingan Masyarakat dikawasan/lingkungan kerjanya
b. Melindungi dan Menyelamatkan Jiwa, Raga, Harta benda dan kehormatan Personil dilingtkungan/kawasan kerjanya.
c. Menghormati dan Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia
d. Mentaati Peraturan Negara dan Menghormati Norma- Norma yang berlaku dilingkungan kerja serta lingkungan Masyarakat
e. Dapat dijadikan suritauladan ditengah tengah Masyarakat Lingkungan kerjanya, terutama dalam mengemban Tugasnya
f. Ulet, Tabah, Sabar, Tawakal dan Percaya diri didalam mengemban Tugasnya
g. Cepat Tanggap(responsif) dalam memberikan perlindungan/ pengamanan pada Masyarakat dilingkungan kerjanya
h. Memegang teguh rahasia jabatan yang dipercayakan padanya
i. Bertindak tegas,jujur,berani, adil, dan bijaksanaj. tidak menonjolkan kepentingan Pribadi dan mencampuri urusan orang lain yang tidak ada saut pautnya dengan tugas.
k. bertindak secara wajar dan tidak berlebihan.
l. Memiliki rasa kebanggaan dan semangat KORSA (korps) serta senantiasanama baik ditengah - tengah masyarakat lingkungan kerjanya
2.PERLENGKAPAN PERORANGAN
a. Kartu Tanda Anggota (KTA)
b. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
c. Surat keterangan lainya (SIM)
d. Buku catatan
e. Buku saku
f. bolpoint/Pensil
g. Peluit/ sempritan
h. Perlengkapan lain sesuai tugasnya
3. CARA MENERIMA TAMU
a. Berpakaian rapi sesuai ketentuan yang berlaku dan berwibawa
b. Menyapa Tamu yang datang dengan ramahdan sopan, sambil berdiri dan menyalami Tamu
c. Mempersiloahkan tamu duduk dan mencatat identitas Tamu, menanyai keperluan Tamu dll
d. Hindarkan sikap bahwa petugas lebih penting dari pada tamu
e. memperlakukan sama atau tidak membedakan tamu, tapi perlu kita perhatikan usia, wanita hamil, anak-anak perlu diutamakan
f. memberikan bantuan pengarahan dan petunjuk sesuai dengan kebutuhan Tamu sesuai SOP Perusahaan.
g. menhindari sikap dan kata - kata yang kurang sopan/ simpatik
h. setelah selesai menyalami tamu, berterimakasih, dan mengantarkan tamu sampai pintu keluar.
4. CARA MENERIMA TELEPHONE
a. segera mengangkat saat telpon berdering,
b. memberikan salam sebut nama petugas dan nama Instansi/perusahaan
contoh:
selamat pagi, siang, malam satpam TELKOM SALATIGA Dengan "kusman" dengan siapa saya bicara?
c. bersuara Jelas, berwibawa sehingga mudah didengar serta menghindari kata - kata yang kurang sopan
d. memberikan jawaban dengan baik, dan apabila tidak menguasai materi berikan penjelasan yang bijaksana
e. mencatat, pembicaraan telepon (SIADI DEMEN BABI)
1. DENGAN SIAPA, 2. UNTUK SIAPA 3. ISI BERITA 4. KAPAN DITERIMA 5. SIAPA PENERIMA
f. kirim berita seperti saat menerima telepon
g. tutup telpon dengan ucapan terimakasih dan salam
5. PENGETAHUAN DASAR YANG HARUS DIMILIKI OLEH ANGGOTA SATPAM
a. mengetahui dan menguasai keadaan daerah kawasan kerja berdasarkan data atau Peta yang ada
1. untuk bangunan utama/ perkantoran
2. untuk gudang
3. untuk mesin pabrik
4. untuk instalasi listrik/ perangkat listrik
5. jalan, Lorong, gang didalam kawasan
6. nama, Alamat, serta nomor telepon pejabat dikawasan Kerjanya.
b. Mengetahui dan berusaha mengetahui sumber-sumber gangguan yang selalu menimbulkan kerawanan keamanan dan ketertiban dilingkungan/ kawasan kerjanya
1. Tempat bahan bakar
2. Mesin mesin Pabrik
3. instalasi Listrik
4. tempat parkir
5. pendingin ruangan (AC)
6. tempat kunci ruangan kantor dll.
c. kedua hal tersebut diatas harus dikuasai petugas patroli
No comments:
Post a Comment